Diagnosis Darah Tinggi Hipertensi dan Ukuran Tensi Normal - Nutrinext Kapsul

Diagnosis Darah Tinggi - Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi sering didiagnosis secara kebetulan saat pemeriksaan kesehatan umum atau saat mengunjungi dokter mengenai kondisi yang tidak terkait. Hal ini karena kondisinya biasanya tidak hadir dengan gejala, setidaknya tidak pada tahap awal. Biasanya, gejala mungkin terjadi pada kasus tekanan darah tinggi yang telah mencapai sekitar 180/110 mmHg atau lebih tinggi.

Tekanan darah adalah tekanan yang diberikan pada dinding pembuluh darah saat jantung memompa darah melewati mereka. Tekanan darah yang meningkat berarti ketegangan berlebih ditempatkan di dinding arteri dan ini dapat menyebabkan komplikasi seperti stroke, kerusakan ginjal atau serangan jantung.

Ukuran Tensi Normal

Tekanan darah diukur dalam milimeter merkuri (mm Hg) dengan menggunakan alat yang disebut sphygmomanometer, yang tersedia dalam bentuk perangkat tradisional dengan kolom merkuri atau versi digital modern.

Diagnosis Darah Tinggi Hipertensi dan Ukuran Tensi Normal - DalimoGold

Ada dua angka angka tekanan darah - tekanan sistolik dan tekanan diastolik. Tekanan sistolik adalah angka yang lebih tinggi yang mengindikasikan tekanan darah saat jantung berdetak. Tekanan diastolik adalah angka yang lebih rendah dan mengindikasikan tekanan darah saat jantung berada di antara dua denyut. Pembacaan tekanan darah yang sehat sekitar 120/80 mmHg. Pembacaan di atas 140/90 mmHg dianggap tinggi.

Sphygmomanometer memiliki manset tiup yang melilit lengan atas dan melonjak dengan udara. Sebuah dial menunjukkan kapan tekanan yang diinginkan dalam manset tercapai. Setelah tekanan ini lebih tinggi daripada tekanan di arteri, aliran darah di arteri utama lengan atas terputus, yang ditandai dengan tidak adanya denyut nadi di pergelangan tangan. Udara kemudian dilepaskan secara perlahan dari manset dengan menggunakan katup dan saat tekanan di manset jatuh, darah yang mengalir deras melalui arteri dapat didengar dengan menggunakan stetoskop.

Dial atau kolom merkuri yang dikalibrasi menunjukkan tekanan saat suara pertama kali terdengar, saat manset dilepaskan. Ini adalah tekanan sistolik. Tekanan saat suara terakhir terdengar, karena aliran darah tidak terganggu, adalah tekanan darah diastolik. Monitor tekanan darah otomatis digital bisa melewati proses ini dan memberikan hasil langsung. Namun, ini tidak selalu akurat.

Orang dengan riwayat keluarga tekanan darah harus diperiksa tekanan darahnya setiap dua tahun sekali dan rutin meminum obat darah tinggi. Pemeriksaan yang lebih sering diperlukan pada mereka yang memiliki riwayat keluarga stroke atau serangan jantung karena tekanan darah tinggi.


Disclaimer : Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi ini bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung tingkatan penyakit, situasi tubuh pengguna, usia, jenis kelamin dan jumlah produk yang digunakan.