Pengobatan Sinusitis Kronis Secara Alami Pada Anak - Nutrinext Kapsul

Pengobatan Sinusitis - Sinusitis biasanya disebabkan oleh infeksi atau pembengkakan lapisan dalam sinus. Pengobatan sinusitis biasanya perawatan diri dan pengobatan di rumah karena agen penyebabnya biasanya adalah flu atau virus flu yang tidak memiliki obat spesifik.

Sebagian besar pasien sembuh dalam seminggu sampai 10 hari dari gejala saat infeksi mereda. Namun, dalam beberapa kasus sinusitis infeksi bisa berlangsung selama lebih dari tiga bulan. Ini adalah kasus kronis dan mungkin resisten terhadap terapi atau mungkin kambuh setelah remisi gejala. Obat Sinusitis

Pengobatan Sinusitis Kronis Secara Alami Pada Anak

Dalam kebanyakan kasus di atas penghilang rasa sakit dan dekongestan, tersedia di apotek, dapat digunakan untuk meringankan rasa sakit dan hidung dan sinus yang tersumbat. Kompres hangat di atas sinus, menghirup uap, semprotan garam hidung, penggunaan humidifier atau panci Neti untuk menyiram sinus adalah perawatan mandiri lainnya untuk sinusitis.

Antibiotik hanya ditentukan jika infeksi ditemukan bersifat bakteri atau sinusitis telah menjadi persisten atau kronis. Semprotan kortikosteroid hidung dan antihistamin dapat diresepkan untuk mengurangi pembengkakan, terutama jika ada polip hidung atau alergi.

Pembedahan untuk membersihkan dan mengeringkan sinus mungkin juga diperlukan. Sinusitis jamur biasanya memerlukan pembedahan. Pada hampir dua pertiga individu, sinusitis tidak memerlukan terapi dan sembuh dengan sendirinya. Waktu biasa untuk membersihkan sekitar dua sampai tiga minggu.

Pengobatan Sinusitis

  • Perawatan di rumah untuk sinusitis. Perawatan di rumah melibatkan menghirup udara hangat yang lembab dari humidifier atau vaporizer. Sebagai alternatif, uap dapat dihirup di atas baskom air panas atau shower. Ini membantu membuka sinus dan memungkinkan lendir yang tersumbat mengalir keluar sehingga ada kelegaan rasa sakit. Kompres hangat bisa diaplikasikan di atas sinus untuk mengurangi rasa sakit.
    Pasien disarankan banyak istirahat dan air minum biasa.
  • Dekongestan untuk sinusitis. Dekongestan dapat membantu dalam beberapa kasus. Ini mungkin yang ditentukan oleh dokter atau mungkin yang tersedia over-the-counter. Ini mungkin tersedia sebagai cairan, tablet atau semprotan hidung. Umumnya dekongestan semprot hidung tidak boleh digunakan lebih dari 3 hari. Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada selaput lendir daripada baik.
  • Pereda nyeri untuk sinusitis. Untuk rasa sakit di atas sinus serta demam obat bebas seperti Parasetamol atau Ibuprofen dapat digunakan.
  • Vitamin C dan glutenate glukate HCl direkomendasikan oleh beberapa orang untuk mengurangi gejala. Ekstrak Echinacea juga menunjukkan manfaat dalam beberapa penelitian.
  • Bagian hidung bisa diirigasi dengan garam biasa. Ini disebut irigasi garam hidung. Hal ini dapat dilakukan di kantor dokter oleh spesialis THT atau bahkan dilakukan di rumah.
  • Pengobatan sinusitis pada anak. Bagi bayi dan anak kecil yang tidak bisa meniup hidung, aspirator hidung bisa digunakan untuk menyedot setiap lubang hidung dengan lembut sebelum mengoleskan tetes hidung.
  • Antibiotik untuk sinusitis. Ini biasanya diperlukan pada pasien yang memiliki infeksi bakteri atau jamur sinus. Antibiotik juga mungkin diperlukan pada pasien dengan infeksi virus dan pembengkakan jika terjadi infeksi bakteri sekunder.
  • Dalam kasus sinusitis bakteri, 70% pasien membaik dalam waktu 2 minggu tanpa antibiotik dan sekitar 85% membaik dengan antibiotik yang diperlukan. Azitromisin adalah salah satu antibiotik yang disetujui untuk digunakan pada sinusitis bakteri akut.
  • Antibiotik lain termasuk Levofloxacin yang bisa digunakan jika antibiotik lini pertama gagal menunjukkan respons. Alternatifnya adalah Clarithromycin, Doxycycline, Amoxicillin dll.
  • Obat anti alergi. Jika alergi adalah penyebab sinusitis kambuhan, obat anti alergi seperti antihistamin dapat diresepkan. Ini termasuk agen seperti Levocetirizine.
  • Resep semprotan hidung. Pasien dengan peradangan parah pada membran mukosa nasal dan sinus mungkin memerlukan semprotan nasal resep dengan kortikosteroid seperti Fluticasone, Betamethasone atau Beclomethasone. Ini hanya tersedia dengan saran medis dan perawatan harus dilakukan agar tidak menggunakannya tanpa resep dokter atau menghentikannya secara tiba-tiba tanpa saran medis karena hal ini dapat memperburuk kondisi.
  • Beberapa semprotan hidung dengan sodium Cromolyn juga diresepkan. Ini berguna dalam kondisi alergi jangka panjang karena mereka mencegah terjadinya serangan berulang sinusitis.
  • Terapi bedah untuk sinusitis. Mereka yang tidak menanggapi pengobatan atau memiliki sinusitis jangka panjang dengan masalah anatomis seperti polip hidung, septum hidung yang menyimpang, taji tulang hidung atau kelenjar adenoid besar, mungkin memerlukan terapi bedah. Pembedahan dapat dilakukan untuk memperbaiki setiap kondisi dan pengangkatan polip atau kelenjar gondok yang umum dilakukan untuk mencegah sinusitis rekuren.
  • Operasi ini, bagaimanapun, perlu dilakukan setelah koreksi infeksi untuk menghindari komplikasi. Pilihan bedah lainnya adalah membuat jalur ekstra atau diperbesar di dinding sinus sehingga sinus menguras lebih mudah melalui saluran hidung.
  • Pasien disarankan untuk menghindari merokok, polutan udara, hindari pemicu alergi seperti bulu hewan peliharaan, tungau debu dll untuk mencegah onset sinusitis.
  • Komplikasi sinusitis. Komplikasi sinusitis meliputi meningitis atau abses otak, infeksi pada tulang dan darah (sepsis). Ini biasanya jarang terjadi dan terjadi pada mereka yang memiliki kekebalan yang terganggu.
  • Masuk rumah sakit mungkin diperlukan bagi mereka yang memiliki infeksi parah, sakit kepala parah, gejala penyakit saraf, penglihatan kabur, menyebar ke bola mata dan rongga mata, yang memiliki kekebalan tubuh tertekan, dll.

Disclaimer : Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi ini bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung tingkatan penyakit, situasi tubuh pengguna, usia, jenis kelamin dan jumlah produk yang digunakan.