Penyebab Darah Tinggi Kambuh Tiba Tiba - Nutrinext Kapsul

Penyebab Darah Tinggi - Tekanan darah tinggi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tekanan yang diberikan pada dinding arteri saat darah mengalir melewatinya. Tekanan ini paling tinggi bila jantung berkontraksi dan memompa darah melalui arteri dan disebut tekanan sistolik.

Tekanan darah diukur dalam milimeter merkuri (mmHg) dan pembacaan tekanan darah sistolik sehat sekitar 120 mmHg. Saat jantung mengendur di antara dua denyut, darah mengalir kembali melalui pembuluh darah ke jantung dan tekanan di dalam arteri turun. Namun, masih ada beberapa tekanan sisa di arteri untuk mencegahnya. Ini disebut tekanan diastolik dan harus mengukur sekitar 80 mmHg pada individu yang sehat.

Penyebab Darah Tinggi Kambuh Tiba Tiba - DalimoGold

Tekanan darah berfluktuasi sepanjang hari, meningkat pada tenaga fisik atau pada saat-saat stres misalnya, bila jantung memompa lebih keras lalu meminum obat darah tinggi. Usia juga mempengaruhi tekanan darah, karena dinding pembuluh darah menjadi keras dan kehilangan sebagian elastisitasnya sebagai usia seseorang, yang menyebabkan peningkatan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Penyebab Darah Tinggi Kambuh

Hipertensi esensial
Beberapa orang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi tanpa sebab yang diketahui. Jenis hipertensi ini disebut hipertensi esensial. Pada orang dengan kondisi ini, arteri-arteri tubuh yang lebih kecil menjadi sempit yang berarti jantung harus memompa lebih keras untuk mengedarkan darah ke organ dan anggota tubuh yang jauh. Hal ini menimbulkan tekanan darah. Hipertensi esensial juga disebut hipertensi primer dan 5% dari semua kasus hipertensi adalah hipertensi esensial.

Faktor Keturunan
Hipertensi, terutama hipertensi esensial seringkali memiliki dasar genetik dan dapat berjalan dalam keluarga. Orang dengan kerabat tingkat pertama yang memiliki kondisi tersebut berisiko tinggi terkena hipertensi.

Penyakit
Hipertensi dapat disebabkan oleh penyakit lain seperti penyakit ginjal, sindrom Cushing, Lupus, pheochromocytoma atau tumor adrenal.

Narkoba
Obat juga bisa menyebabkan hipertensi. Beberapa contoh termasuk penghilang rasa sakit seperti obat antiinflamasi non steroid (NSAID), kortikosteroid, kontrasepsi oral, beberapa obat antidepresan dan obat lainnya seperti amfetamin, metamfetamin dan kokain.

Faktor lain
Meningkatnya usia merupakan faktor risiko hipertensi
Orang-orang keturunan Afrika atau Karibia memiliki risiko hipertensi yang lebih tinggi
Asupan garam atau kafein yang tinggi dan asupan buah dan sayuran yang rendah meningkatkan risiko hipertensi
Perokok dan pecandu alkohol memiliki risiko hipertensi yang lebih tinggi
Obesitas, kelebihan berat badan dan kurang olah raga juga meningkatkan risikonya
Stres dan kepribadian "tipe A" menimbulkan risiko terkena tekanan darah tinggi


Disclaimer : Manfaat yang didapat dari mengkonsumsi ini bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung tingkatan penyakit, situasi tubuh pengguna, usia, jenis kelamin dan jumlah produk yang digunakan.